Pesta Pernikahan Tidak Islami

pernikahan

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Ustadz, saya akan segera menikah, insyaallah. Masalahnya,  orangtua saya hendak menyelenggarakan pesta pernikahan dengan adat jawa, lengkap dengan pernak-perniknya. Di sisi lain, saya dan calon mertua menghendaki penyelenggaraan pestanya secara islami meski sederhana.

Ustadz, apakah saya berdosa jika saya tidak mengabulkan permintaan kedua orang tua saya? Lalu bagaimana dengan ungkapan ridha kedua orang tua saya adalah ridha Allah Ta’ala?

Saya sampaikan jazakumullah khairan atas nasihat ustadz.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

(Calon Pengantin, Bumi Allah)

 

Wa’alaikumusalam wa rahmatullahi wa barakatuh

Calon pengantin yang dimuliakan Allah. Saya bisa mengerti keinginan Anda untuk mengalami pernikahan yang barakah. Dimulai dengan acara sakral yang harusnya tidak mendatangkan murka Allah karena banyaknya kemungkaran di sana. Dan menerapkan nilai-nilai islami adalah solusinya.

Namun, tidak semua adat istiadat bertentangan dengan syariat Islam, sehingga tidak semuanya harus kita tolak mentah-mentah.  Cobalah untuk berdiskusi tentang mana yang boleh dan mana yang tidak dalam acara itu untuk mencari titik temu, sehingga tidak terkesan bermusuhan. Apalagi mertua Anda mendukung pelaksanaan pesta walimah yang islami. Jadikan hal itu sebagai posisi tawar yang kuat saat melobi orang tua.

BACA JUGA : Cinta Yang Tak Kunjung Hadir

Setelah mencari waktu yang tepat dan penyampaian yang santun, terangkan kepada beliau prinsip menutup aurat, tidak ada ikhtilath, tidak bersanding, tidak ada ‘ubo rampe’ yang berbau syirik, dan tidak ada hiburan yang tidak perlu. Adapun bentuk pelaksanaan bisa fleksibel sesuai keadaan yang ada selama prinsip-prinsip di atas bisa diakomodir.

Namun kalau beliau masih sulit menerima juga, mintalah agar acaranya sederhana saja. Hanya berupa akad nikah dengan mengundang keluarga inti dan tetangga seperlunya untuk meminimalkan munculnya berbagai bentuk acara yang mungkar. Sulit rasanya memaksakan bentuk-bentuk adat yang rumit ke dalam acara akad nikah sederhana.

Jika dalam hal ini Anda terkesan keras kepala dan ngeyel, insyaallah tidak mengapa karena hal ini termasuk  prinsip agama. Anda tidak termasuk  anak durhaka meski mungkin orangtua menilai demikian. Sebab nilai sesungguhnya adalah di sisi Allah. Dan Anda sedang berdakwah tentang Islam yang benar.

Selamat berjuang dan semoga Allah member kemudahan.

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh