Suami Kecanduan Game

Suami Kecanduan Game

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Ustadz, saya seorang istri dengan 3 anak, ingin menanyakan bagaimana cara menghilangkan kecanduan bermain game. Suami sangat suka bermain game dan baru berhenti jika telah tamat. Tapi kalau ada game baru, beliau kecanduan lagi.
Atas nasihatnya saya haturkan jazakumullah katsiran.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Hamba Allah

Wa’alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh
Ibu yang shalihah, kita membutuhkan kesenangan yang halal agar tercipta keseimbangan dalam hidup, dan hiburan adalah salah satunya. Sehingga pada dasarnya bermain game boleh-boleh saja dilakukan jika pada batas yang wajar dan seimbang dengan aktivitas yang lain. Namun jika berlebihan, game seperti obat bius, akan menimbulkan kecanduan yang serius dan berbahaya, secara fisik maupan mental.

Maka jika pasangan kita sudah sampai taraf kecanduan, tentu perlu segera dicarikan solusinya agar tidak berlarut-larut. Selain kesehatan yang terganggu, hubungan sosial dan tanggung jawab pekerjaan, seringkali menjadi korban. Dalam konteks hubungan suami istri ia bahkan bisa mengganggu keharmonisan keluarga, membuat pekerjaan terbengkalai, hingga pengawasan tumbuh kembang anak-anak yang kurang.

Ibu yang baik, di sisi lain, Anda juga perlu hati-hati bersikap agar tidak memperburuk keadaan. Sebab, banyak suami yang sulit menerima masukan dari istri. Sekali tersinggung, mereka marah besar dan melakukan tindakan kasar. Untuk itu ibu harus tenang, jangan panik, tunggu waktu dan suasana yang tepat untuk bicara, serta jangan menyerah jika belum berhasil.
Ketikasuasana sudah kondusif, bicarakanlah dengan suami tentang bolehnya bermain game namun dengan batas waktu yang wajar. Itupun sebaiknya dimainkan tanpa sepengetahuan anak-anak agar tidak menjadi teladan yang salah. Syukur Alhamdulillah jika Anda memainkan gamenya berdua. Karena selain bisa menjadi hiburan murah yang menyenangkan, ia juga bisa menjadi salah satu cara menjalani kebersamaan.

Kalau memang susah meninggalkan game, usulkan agar game yang dipilih adalah game edukasi yang baik bagi anak-anak, sekaligus upaya mendekatkan hati dengan mereka. Kemudian tawarkan kepadanya untuk melakukan kegiatan yang lebih positif bersama-sama. Seperti bersilaturahmi kepada teman-teman yang shalih, melakukan tugas rumah tangga, menjalani hobi dan olah raga, mendalami ilmu di berbagai kajian keislaman, refreshing ke berbagai tempat yang menarik, hingga melibatkan diri dalam komunitas sosial yang sehat. Kalau memungkinkan, cobalah ajak suami menambah pemasukan keluarga dengan berbisnis.
Jangan lupa untuk terus berdoa agar Allah membuka mata hati suami. Selamat berjuang dan semoga sukses!
Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh

%d bloggers like this: