Energi Kehidupan dari Sehelai Daun

Energi Kehidupan dari Sehelai Daun

 

Kita pasti terbiasa melihat pohon dan tanaman. Di halaman rumah, di pinggir jalan, sawah, kebun, hutan, dan di berbagai tempat lainnya. Saking biasanya, kita melihat pohon tak lebih dari sekadar tanaman saja. Padahal, ada banyak keajaiban tersembunyi di dalam tanaman.

Salah satunya tersimpan di daun. Ya, daun. Lembaran tipis berwarna hijau, yang melambai kala tertiup angin, dan gugur saat sudah menguning. Daun adalah pabrik makanan bagi tumbuhan, dan juga bagi manusia dan binatang.
Pada daun terdapat sebuah proses kimia yang sangat istimewa, yang tak bisa dilakukan oleh manusia dan binatang, yaitu proses fotosintesis. Fotosintesis yaitu proses biokimia pembentukan zat makanan karbohidrat pada tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.

Untuk melakukan fotosintesis, tumbuhan menyerap gas karbon dioksida dari udara dan air dari dalam tanah. Dan dengan memanfaatkan energi dari sinar matahari, terjadilah reaksi kimia yang menghasilkan gula dan oksigen.
Dan tahukah Anda, glukosa hasil proses fotosistesis ini adalah sumber energi utama bagi manusia dan binatang. Manusia dan binatang yang tak punya kemampuan membentuk makanan sendiri, karenanya mereka mengambilnya dari tumbuhan. Dengan kata lain, tumbuhan adalah penyedia energi utama bagi kehidupan di bumi.

Selain itu, fotosintesis bermanfaat untuk menjaga tingkat normal oksigen di atmosfer. Tumbuhan menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Sedangkan manusia dan binatang menyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Jika tak ada tumbuhan yang melakukan fotosintesis, maka kadar oksigen di udara akan terus berkurang, dan kadar karbondioksida akan naik. Ini adalah ancaman bagi kehidupan bumi.
Maha suci Allah yang telah menciptakan keseimbangan kehidupan di bumi. Allah telah menciptakan tiap helai daun dari tanaman sebagai rezeki bagi makhluk hidup di bumi.

“Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (QS. AL-Baqarah: 22)

%d bloggers like this: