Mengatasi Demam Anak

Kolik renal

Demam merupakan penyakit yang biasa dialami anak-anak. Namun banyak orang tua yang belum paham dalam menangani demam tersebut. ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh orang tua mengenai demam pada anak.

Pertama, si kecil dipastikan mengalami demam jika panas tubuhnya melebihi 37,5°C pada bagian ketiak dan di atas 37,8°C pada telinga dan anus.

 

Kedua, ada beberapa faktor penyebab demam. Menurut dr. Johnny Nurman, SpA, spresialis anak dari Rumah Sakit dan Klinik Brawijaya, demam anak dapat terjadi karena beberapa faktor, di antaranya infeksi bakteri atau virus, vaksin, penyakit leukemia atau kanker, emosi berlebih seperti menangis, terlalu banyak beraktivitas, serta pengaruh lingkungan, seperti cuaca yang panas atau mandi air panas. Namun selama anak masih dapat makan dan minum, warna kulitnya normal dan masih bisa bermain, jangan khawatir karena berarti anak Anda tidak mengalami demam yang serius.

Bila demam seperti itu yang terjadi, sebaiknya orang tua memantau terus suhu tubuh anak dan segera memberikan minum yang banyak agar si kecil tidak dehidrasi. Setelah itu, lakukan penangan sederhana dengan mengompres. Jika setelah dikompres panasnya belum turun, sebaiknya beri parasetamol dengan dosis 10-15mg setiap 4-6jam.

Demam tinggi dapat mengakibatkan kejang pada anak, yang sering dikenal dengan kejang demam. Hal itu biasanya terjadi pada anak usia enam bulan sampai tujuh tahu dan dipengaruhi oleh faktor keturunan keluarga yang juga mengalami kejang demam.

Kejang demam yang terjadi berulang-ulang hingga usia anak di atas tujuh tahun dapat menyebabkan anak berisiko terkena epilepsi. Tetapi bagi anak yang mengalami satu kali kejang demam kurang dari 15 menit selama sehari dan berhenti sebelum usianya tujuh tahun, maka jangan khawatir karena anak tidak berisiko epilepsi dan tidak akan memengaruhi kesehatannya di usia dewasa nanti.

Ketika kejang demam terjadi, orang tua tak perlu panik. Pastikan si kecil berada di tempat yang aman, lalu posisikan badan menyamping untuk mencegah aspirasi, dan longgarkan pakainnya jika terlalu ketat. Selain itu, orang tua bisa memberikan parasetamol untuk mencegah suhu badan naik. (wawan/readersdigest)

%d bloggers like this: