Sehat Dengan Kedelai

Sehat Dengan Kedelai

Bagi masyarakat Indonesia makanan berbahanbaku kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai, bukanlah jenis makanan yang asing. Bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di pasaran dan harganya pun terjangkau.

Karenanya kita sering memandang olahan kedelai dengan sebelah mata. Padahal, kedelai merupakan gudang nutrisi yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa kandungan kedelai yang bermanfaat bagi kesehatan:

  1. Indeks glikemik rendah

Indeks glikemik adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah, dan kedelai memiliki indeks glikemik rendah. Makanan dengan nilai indeks glikemik rendah akan dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga gula yang dihasilkan akan dilepaskan sedikit demi sedikit ke dalam darah sehingga menjadi relatif stabil dan kita merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA: MEMAAFKAN DAN ANDA AKAN SEHAT

  1. Isoflavon

Beberapa penelitian mengungkapkan kandugnan tinggi isoflavon dalam kedelai dapat membantu dan menjaga kesehatan. Dengan mengonsumsi kedelai jangka panjang dapat menjaga kesehatan jantung, keseimbangan hormon, membangun tulang yang kuat, mengatur kadar koleterol darah, dan menjaga kesehatan kulit.

  1. Protein

Kedelai mengandung protein lengkap yang terdiri dari Sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Uniknya, kandungan vitamin dan mineral kedelai termasuk tinggi, tetapi kandungan asam lemak jenuhnya rendah. Kandungan asam lemak tidak jenuh kedelai terdiri atas asam linoleat dan linolenat, yang membantu menyehatkan jantung dan mengurangi risiko terkena kanker. Beberapa produk dari kedelai utuh juga merupakan sumber serat makanan yang baik.

%d bloggers like this: