Mengatasi Ketombe Yang Membandel

Mengatasi Ketombe Yang Membandel

Setiap orang hampir pernah mengalami ketombe. Ketombe memang bukan penyakit yang berbahaya layaknya kanker, akan tetapi ketombe sangatlah mengganggu penampilan seseorang apalagi jika disertai rasa gatal, bisa jadi pekerjaan kita tidak selesai karena harus garuk-garuk kepala terus akibat ketombe yang membandel.Ketombe yang terjadi pada bayi biasanya disebut dengan cradle cap dimana bintik berwarna coklat atau kuning tersebut terasa  gatal. Anda mungkin dapat menemukannya pada kulit kepala bayi, kelopak mata, hidung, dan area selangkangan.

Apakah ketombe itu ?

Ketombe disebut juga dermatitis seboroik adalah pertumbuhan berlebihan dari kulit kepala tanpa adanya peradangan. Ketombe sebenarnya merupakan sel-sel kulit mati kepala anda yang rontok biasanya berupa serpihan kuning atau kilauan putih di rambut. Bila Anda memiliki ketombe, kulit kepala Anda mungkin terlihat bersisik atau merah dan terasa gatal.. Ketombe akan terlihat lebih jelas ketika Anda mengenakan atasan berwarna gelap.

Penyebab Ketombe

Beberapa penyebab ketombe pada kulit kepala:

  1. Faktor jenis kulit kepala
  2. Faktor Makanan

Biasanya disebabkan karena kekurangan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B.bisa juga diakibatkan oleh:

*Makanan yang terlalu pedas

*Makanan dari produk susu

*Makanan yang berminyak

*Makanan yang mengandung gula tinggi

  1. Mengalami kepanasan pada kulit

Kulit kepala yang mengalami kepanasan karena terik matahari atau penggunaan hair dryer dapat memicu timbulnya ketombe  demikian juga karena penggunaan penutup kepala dalam keadaan  rambut yang masih basah.

  1. Jarang atau terlalu sering keramas

Jika terlalu sering kulit kepala semakin kering jika jarang kulit kepala mengalami penumpukan kotoran.

  1. Sisa busa shampo

Jika sedang melakukan keramas bersihkanlah hingga benar-benar bersih karena sisa shampoo akan menempel pada kulit kepala.

  1. Infeksi Jamur dan Penyakit sistemik kronis

 

  1. Penggunaan Produk yang salah

Gunakanlah jenis produk perawatan rambut sesuai jenis kulit kepala.

  1. Stress

Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon didalam tubuh sehingga menyebabkan perubahan pada kondisi kulit kepala.

BACA JUGA : Rambut Rontok

Gejala Klinis ketombe/ Dermatitis Seboroik

  1. Adanya serpihan putih yang terlihat pada permukaan pakaian yang berwarna gelap
  2. Gatal pada kulit kepala
  3. Kulit kepala yang berminyak
  4. Kulit muka yang kering dan bersisik
  5. Sering mengalami dermatitis pada kulit telinga bagian dalam
  6. Merah pada bagian yang berambut di daerah muka (alis, kumis, jenggot, jambang)

Mengatasi Ketombe

Untuk mengatasi gangguan  ketombe sebaiknya kita lakukan berdasarkan penyebabnya, sehingga akan berefek terhadap keberhasilan pengobatan. Diantara hal-hal yang bisa kita lakukan adalah

  • Peradangan di kulit sekitarnya dapat menggunakan cream yang dijual bebas (OTC).  Misalnya hydrocortisone yang dipakai 2 sampai 3 kali sehari.
  • Menghindari stress
  • Konsumsi makanan yang bergizi.
  • Mencuci kepala 2 hari 1x secara teratur
  • Sampo untuk pengobatan, seperti sampo yang mengandung ketokonazol, zinc pyrithione, asam salisilat, selenium sulfide dan tar yang terdiri dari beberapa jenis kekuatan. Pengobatan dengan antijamur khususnya bermanfaat untuk kondisi ini. Sampo digunakan dua kali dalam seminggu selama minimal 1 bulan, setelah sisik menghilang, maka frekuensinya dapat dikurangi dan diselang seling dengan sampo biasa. Disamping itu, penggunaan krim kortikosteroid di kepala dapat mengurangi gatal, namun hanya boleh secara periodik, tidak terus menerus, selama beberapa hari berturut turut.
  • Sedangkan pada bayi, Cradle cap biasanya akan hilang dengan sendirinya saat bayi berumur  8 sampai 12 bulan. Bisa juga dengan cara memberikan minyak sayuran pada kulit kepala bayi selama 10 menit, lalu cuci dengan shampo bayi.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan anda dapat langsung mempraktekannya sendiri.adalah sebagai berikut:

Garam

Garam dipercaya bisa mengatasi rambut berketombe. Caranya: basahi kulit kepala dan rambut dengan air lalu balurkan garam hingga merata pada kulit kepala kemudian gosok garam tersebut agar meresap ke kulit kepala. lalu bilas rambut anda dengan shampo hingga bersih.

Lidah Buaya

Selain berkhasiat untuk menyuburkan dan Mengobati Kerontokan Pada Rambut ternyata lidah buaya ini dapat mengatasi ketombe pada rambut. Banyak produk shampo yang memakai tanaman ini sebagai bahan utama untuk pembuatan shampo tersebut.Anda juga dapat menggunakannya secara langsung, yaitu dengan mengoleskan isinya ke seluruh bagian rambut  kemudian bersihkan dengan keramas.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun berkhasiat dapat merawat rambut dan mengatasi masalah rambut bercabang serta menghilangkan ketombe. Caranya yaitu dengan membalurkan minyak zaitun secara merata ke kulit kepala dengan di pijat perlahan kemudian tunggu hingga 30 menit agar minyak meresap dan terakhir bersihkan kulit dengan keramas menggunakan shampo. Bahan alami ini juga dapat mengatasi rambut kering dengan cepat.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis  sudah terbukti bisa menghilangkan kotombe pada kulit kepala. Caranya dengan mengoleskan 2 sendok makan perasan air jeruk nipis pada kulit kepala anda, selanjutnya pijat sedikit kulit kepala anda agar meresap kedalam kulit kepala. Setelah itu, diamkan beberapa 10-15 menit kemudian bersihkan rambut anda menggunakan shampo.

Demikian cara mengatasi ketombe yang membandel, Bila terjadi terus menerus atau tidak hilang, kami sarankan agar konsultasikan dengan dokter spesialis kulit.