Melangkahi Kakak Menikah

menikah

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Ustadz, saya pria cukup umur yang ingin segera menikah. Calon pasangan saya sudah setuju dan saya sendiri juga takut terjerumus ke dalam dosa yang semakin banyak. Masalahnya, masih ada kakak perempuan saya yang belum menikah, bahkan calon pasangan saja juga belum memiliki.

Saya sedih melihat ibu yang tertekan karena masalah ini.

Ustadz, apa yang sebaiknya saya lakukan? Menunda pernikahan untuk mendapatkan ridha orangtua sambil menunggu kakak menemukan jodohnya, atau tetap melangsungkan pernikahan meski hal itu membuat mereka kecewa? Saya mohon bimbingan Ustadz! Dan jazakumullah untuk nasihat dan arahannya.

Wassalaamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Ikhwan di bumi Allah

 

Jawab :

Wa’alaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuh

Ikhwan yang dirahmati Allah, semoga Allah menjaga niat baik Anda untuk menetapi syariat pernikahan dan menghindari perzinahan. Juga memudahkan Anda melalui berbagai tahapan menuju ke sana. Maka tidak ada cara yang lebih baik kecuali menyerahkan semuanya kepada Allah dengan cara melazimi kebenaran yang telah Dia tetapkan. Agar semuanya bernilai ibadah di sisiNya.

Maka, jika Anda sudah memiliki calon istri dan sudah siap lahir batin, menyegerakan pernikahan adalah hal yang terpuji. Percayalah bahwa Allah akan menolong hambaNya yang menikah karena ingin menjaga kehormatan diri. Sebab menunda-nunda kebaikan bisa jadi malah membuat kita terjerumus ke dalam maksiat yang lebih banyak.

Adapun tentang kakak yang belum menikah, seharusnya tidak perlu menjadi penghalang pernikahan Anda. Selain menikahnya kakak lebih dahulu bukan termasuk syarat nikah, juga takdir jodoh seseorang sepenuhnya menjadi hak prerogatif Allah yang tersembunyi dari ilmu manusia. Dia akan memberikan kepada manusia secara bijak dan tepat menurut ilmuNya yang sempurna. Sehingga, tanamkanlah keyakinan bahwa adik yang mendahului kakak menikah, bukanlah penghalang baginya untuk bertemu jodoh. Sehingga menunda pernikahan dengan alasan tersebut jelas bukan sebuah tindakan syar’i. Lagi pula, siapa yang menjamin kakak Anda akan segera menikah dalam waktu dekat?

Sekarang, carilah waktu yang tepat untuk bicara dengan kakak dan juga ibu mengenai hal ini. Mintalah kekuatan kepada Allah agar  diberi kemudahan dalam memilih kata-kata dan menyampaikan persoalan. Kalau Anda bisa mewujudkan, tawarkan hadiah kepada mereka sebagai bentuk rasa cinta dan penghiburan.Dan sebagai adik, sangatlah baik jika Anda membantu kakak untuk menemukan jodohnya.

Demikian semoga bermanfaat!

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

%d bloggers like this: