Pencegahan Dan Penaganan Stroke

Stroke

Cara  Mencegah Penyakit Stroke                                                                                         

Stroke merupakan penyakit yang menakutkan bagi masyarakat,namun hal ini bisa dicegah. Hampir 85% dari semua stroke dapat DICEGAH, Karena Ancaman stroke hingga merenggut nyawa dan derita akibat stroke.Hidup BEBAS tanpa STROKE merupakan dambaan bagi semua orang.

Tak heran semua orang selalu berupaya untuk mencegah Stroke atau mengurangi faktor risiko dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur, penghindari stress hingga meminum obat atau suplemen untuk menjaga kesehatan pembuluh darah hingga dapat mencegah terjadinya Stroke.

Langkah-langkah untuk mencegah stroke

  1. Hindari dan hentikan kebiasaan merokok, kebiasaan ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh Tekanan darah .yang tinggi bisa membuat pembuluh darah mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, ceklah tensi darah secara teratur minimal 1 bulan sekali
  2. Kendalikan penyakit jantung

Kalau seseorang memiliki gejala atau gangguan jantung seperti detak yang tidak teratur, berdebar-bebar atau nyeri dada .hendaknya segera periksa ke dokter

  1. Usahakan kolesterol normal

Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi, hendaknya berhati-hati karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Mintalah saran dokter untuk langkah terbaik.

  1. Atasi dan kendalikan stres dan depresi

Stres dan depresi dapat menggangu bahkan menimbulkan ganguan fisik. Jika tidak teratasi, dua hal ini pun dapat menimbulkan masalah jangka panjang.

  1. Pola makan yang sehat

Menjaga pola makan yang sehat sangat penting untuk pencegahan.biasakan mengkonsumsi  lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Hindari makan daging merah terlalu banyak karena lemak jenuhnya bisa membuat pembuluh darah mengeras. Konsumsi makanan berserat dapat mengendalikan lemak dalam darah.kurangi konsumsi garam untuk menghindari tekanan darah tinggi

  1. Kurangi garam

Karena garam akan meningkatkan tekanan darah.

  1. Pantau berat badan Anda

Memiliki badan gemuk atau obesitas akan meningkatkan risiko  mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke.

  1. Berolahraga dan aktif

Melakukan aktivitas fisik secara teratur membantu Anda menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah.

  1. Hindari alkohol

Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu menghindarinya berarti mencegah dari tekanan darah tinggi.

  1. Mencari Informasi

Dengan mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan, banyak hal penting yang diperoleh guna menghindari kemungkinan atau menekan risiko stroke.

 

PENANGANAN STROKE

 

Penanganan pasien stroke memang bukan perkara mudah karena memerlukan waktu yang panjang, tenaga, biaya dan pikiran. namun sudah semestinya manusia harus tetap mengupayakannya.

Penanganan pada pasien stroke membutuhkan perawatan yang sifatnya segera mengingat adanya Golden Period Stroke. Penanganan efektif seharusnya kurang dari 3-6 jam setelah serangan stroke, jadi komplikasi stroke masih bisa dikurangi jika segera mendapat pertolongan.

Oleh karena itu jika kita menemukan kasus-kasus seperti ini hendaknya harus waspada dengan segera membawa penderita ke Rumah Sakit atau balai pengobatan terdekat.selalu beri dukungan kepada pasien stroke agar dapat kembali hidup normal     di tengah-tengah masyarakat.

Dalam kenyataannya, terkadang walaupun sudah berusaha secepat mungkin untuk mendapatkan pertolongan namun gejala atau gangguan fisik dan psikis masih kita dapatkan pada pasien stroke . diantara gangguan yang sering kita jumpai adalah:

Gangguan fisik contohnya:

  • Mengalami kesulitan dalam berkomunikasi
  • Tidak mampu menggerakkan kaki atau berjalan
  • Tidak mampu merawat diri sendiri
  • Kesulitan untuk mengerjakan pekerjaan
  • Terjadi perubahan bentuk wajah yang signifikan contohnya mulut menjadi miring

Gangguan secara mental atau psikis  :

  • Penderita mengalami perasaan rendah diri
  • Merasa malu saat harus bertemu dengan keluarga, sahabat, atau harus berada ditengah-tengah keramaian
  • Ada perasaan sulit menerima kenyataan yang terjadi
  • kapasitas berpikir bersama kecerdasan menurun

Rehabiitasi

 

Rehabilitasi pasca stroke meliputi tindakan untuk membantu penderita stroke agar bisa hidup dengan kondisi yang disebabkan oleh penyakit stroke yang dideritanya tersebut, mengurangi tingkat depres dan memberikan motivasi agar semangat menjalani pengobatan,

 

Fisioterapi

 

Fisioterapi sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan fungsi-fungsi tubuhnya. walaupun mungkin tidak akan bisa berfungsi secara maksimal,diharapkan  kondisi tubuh akan jauh lebih baik dari sebelumnya.fisioterapi dilakukan pada saat yang tepat dan teratur sesuai dengan anjuran sehingga bisa mendukung dalam penanganan stroke.

Berikut ini beberapa latihan pemulihan stroke yang efektif   :

  • Beri bantuan kepada penderita stroke untuk melatih gerakan pada jari, pergelangan tangan, siku, bahu, pinggul, lutut beserta pergelangan kaki. Buat gerakan awal intruksikan penderita berusaha buat mengangkat lengan dan kaki di tempat tidur. Hindari memaksakan sebuah gerakan yang melampau batas kemampuan penderita.
  • Bila terjadi perkembangan yang positif, dimana penderita telah mampu menggerakan otot-ototnya dengan lebih baik, maka latihan pemulihan stroke selanjutnya merupakan mulai melatih gerakan supportif dengan berlatih berjalan dengan memakai tumpuan atau tongkat
  • Ketika penderita stroke sudah mampu bergerak lebih aktif meskipun dalam kondisi duduk atau tiduran, maka latihan selanjutnya memberikan tambahan bobot latihan dalam mengatasi beban dan berbagai hambatan yang harus dihadapi pada daerah punggung dan anggota tubuh lainnya. Latihan ini sangat berguna buat melatih otot gerak anggota tubuh dalam aktivitas sehari-hari
  • Setelah kekuatan tungkai telah diperoleh dari latihan maka tahap selanjutnya merupakan latihan koordinasi, keseimbangan (balance), dan menjaga stabilitas guna gerak tubuh. Latihan yang mampu dijalankan yaitu menaikan kaki, menempatkan dedikasi dalam melakukannya adalah meningkatkan kapasitas otak atau kecerdasan. Bahkan dalam beberapa kasus yang berat penderita stroke kehilangan memori mereka. Maka  buat membantu tumit pada kaki lain, menggeser tumir kaki, dan latihan dengan memakai bantuan bola yang berfungsi buat menjaga stabilitas bersama keseimbangan ketika duduk dan angkat badan.

Latihan fisioterapi diatas  bisa kita dilakukan atas  instruksi dan bimbingan dari fisioterapis  agar kita dapat melakukan dengan tepat. Pada prinsipnya dengan mengetahui tentang stroke dan hal-hal yang terkait dengannya, yang penting kita lakukan adalah mencegah dan berusaha segera ke rumah sakit jika terjadi serangan stroke.berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh kesembuhan , tetap sabar dan selalu berdoa serta ikhlas menerima takdir baik maupun buruk.