Keutaman Air Zamzam

air zamzam

Pada bulan Juli 2011 sebuah media besar di Inggris melaporkan bahwa air zamzam telah tercemar dan terkontaminasi zat berbahaya. Dan meminum air zamzam dapat menimbulkan penyakit seperti kanker. Berita itu dilansir BBC berdasarkan hasil penelitian terhadap air mineral dalam botol, yang diberi label “Air Zamzam”. Bahayanya, air botolan itu mengandung arsenik tiga kali lebih tinggi dari level yang diperbolehkan.

Menteri Urusan Haji Arab Saudi mengatakan bahwa tuduhan pencemaran air zamzam adalah “pencemaran publik” yang dilancarkan musuh-musuh Islam dan beliau menegaskan bahwa pengelolaan air zamzam melalui proses panjang dari para ahli di bidangnya dan selalu dipantau oleh para ahlinya setiap hari. Bukti nyata akan kedustaan tuduhan ini adalah sejarah para jama’ah haji sejak dahulu kala hingga sekarang yang minum air zamzam. Lebih-lebih jama’ah haji zaman dahulu yang datang menaiki hewan dan berdebu, datang dengan membawa penyakit, minum secara langsung dengan gayung, yang semua itu menurut para dokter merupakan faktor tersebarnya penyakit. Adakah di antara mereka yang sakit karena minum air zamzam? Tidak, bahkan sebaliknya, banyak di antara mereka yang sembuh dari penyakit mereka selepas minum air zamzam. Semua itu merupakan bukti nyata akan penjagaan Allah yang luar biasa terhadap air zamzam ini.

Air yang diberkahi   

Zamzam (زمزم) dalam bahasa Arab berarti banyak, melimpah-ruah. Air zamzam dianggap sebagai air yang diberkahi Allah.

Zamzam merupakan sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah, berkedalaman 42 meter. Menurut riwayat, mata air tersebut ditemukan pertama kali oleh Siti Hajar setelah berlari-lari bolak-balik antara bukit Safa dengan bukit Marwah, atas petunjuk Malaikat Jibril.

Khasiat zamzam       

Hasil penelitian sampel air di Eropa dan Saudi Arabia menunjukkan bahwa Zamzam mengandung zat fluorida yang punya daya efektif membunuh kuman, layaknya seperti sudah mengandung obat. Lalu perbedaan air Zamzam dibandingkan dengan air sumur lain di kota Mekah dan Arab sekitarnya adalah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesium. Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zamzam. Itu mungkin sebabnya air zamzam membuat efek menyegarkan bagi jamaah yang kelelahan. Tambahan lagi, hasil laboratorium Eropa menunjukkan bahwa zamzam layak untuk diminum, sehat untuk diminum. Ini otomatis menjawab tuduhan buruk yang dilontarkan musuh-musuh Islam.

Nabi saw pernah bersabda,

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ

            “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.” (HR. AT Thabrani. As Silsilah Ash Shahihah no. 1056)

Hadits diatas ini menunjukkan dengan jelas tentang keutamaan air zamzam dan khasiatnya yang tidak dimiliki oleh air-air lainnya.

Yang pertama: Menunjukkan keberkahan air zamzam, yang bisa berfungsi seperti makanan, dapat mengenyangkan orang yang meminumnya. Diantara bukti tentang hal ini adalah pernyataan Abu Dzar Al Ghifari ra, “Selama 30 hari, aku tidak mempunyai makanan kecuali air zamzam. Aku menjadi gemuk dan lemak perutku menjadi sirna. Aku tidak mendapatkan dalam hatiku kelemahan lapar.”

Kedua: Air zamzam juga bisa menjadi obat penawar. Dan ini adalah keajaiban lainnya yang sangat menakjubkan.

Imam Ibnu Qayyim rhm menceritakan pengalamannya berkaitan dengan cara menyembuhkan penyakitnya dengan air zamzam. “Saya dan selain saya telah mencoba untuk berobat dengan air zamzam dari berbagai macam penyakit, akhirnya saya mendapati keajaiban yang luar biasa dan saya mendapatkan kesembuhan dengan izin Allah.”

Ada kisah lain di zaman sekarang. Seorang jamaah haji dari Blitar menderita penyakit batu ginjal. Selama beribadah haji ia mengkonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter. Namun obat yang dibawa dari indonesia tersebut akhirnya habis. Sudah berusaha mencari di apotik Mekah ternyata tidak ada. Sementara darah selalu keluar menyertai air seni setiap kali ia kencing. Tidak putus asa, karena tidak tahan dengan rasa sakit yang luar biasa akhirnya ia minum air zamzam kurang lebih 3 liter. Setengah jam kemudian ia merasa ingin buang air kecil. Di dalam kamar mandi terdengar suara benda keras jatuh. Ternyata sebutir batu kecil telah keluar bersamaan dengan air kencing. Alhamdulillah, sungguh benar sabda Rasulullah saw.

Terkabul keinginannya

Rasulullah juga menyebutkan tentang keutamaan air zamzam yang lain. Bahwa Allah akan mengabulkan keinginan setiap peminumnya, tergantung pada niatnya, baik untuk kebutuhan dunia ataupun akhirat.

عَنْ جَابِرٍ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ يَقُوْلُ: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

            Dari Jabir berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Air zamzam itu tergantung niat orang yang meminumnya.  (HR. Ibnu Majah dan Ahmad, derajatnya Hasan)

Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas, seorang ulama’ dari kalangan sahabat yang mahir dalam menafsirkan Al Quran. Ketika beliau meminum air zam-zam, doa yang dilantunkan adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً ناَفِعاً ، وَرِزْقاً وَاسِعاً وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

            “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu, ilmu yang bermanfaat, rizqi yang melimpah, dan kesembuhan dari setiap penyakit.”

BACA JUGA : Mendapat Ijabah Saat Minum Air Barakah

Banyak para ulama salaf yang minum air zamzam dengan menghadirkan beragam niat karena mereka tahu betul bahwa do’a saat minum air zamzam adalah mustajab sebagaimana dikabarkan oleh Nabi. Ada yang berdoa agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dimudahkan dalam menghapal hadits, sembuh dari berbagai penyakit, tepat dalam memanah, serta berbagai manfaat dunia dan akhirat lainnya. Kemudian mereka mendapatkan apa yang mereka minta sesuai dengan niatnya.

Al-Humaidi berkata, “Saya pernah berada di sisi Sufyan bin Uyainah, lalu beliau menceritakan kepada kami sebuah hadits: ‘Air zamzam tergantung keinginan seorang yang meminumnya’. Tiba-tiba ada seorang lelaki bangkit dari majelis, kemudian kembali lagi seraya mengatakan, ‘Wahai Abu Muhammad, bukankah hadits yang engkau ceritakan kepada kami tadi tentang zamzam adalah hadits yang shahih?’ Jawab beliau, ‘Benar.’ Lelaki itu lalu berkata, ‘Baru saja aku meminum seember air zamzam dengan harapan engkau akan menceritakan kepadaku seratus hadits.’ Akhirnya, Sufyan berkata kepadanya, ‘Duduklah.’ Lelaki itu pun duduk dan Sufyan menceritakan seratus hadits kepadanya.”

Telah masyhur dari Imam Syafi’i bahwa beliau minum air zamzam dengan niat untuk pandai memanah sehingga dalam sepuluh kali memanah beliau tepat sebanyak sembilan kali mengenai sasaran. Dalam riwayat lain, beliau berkata, “Saya minum air zamzam untuk tiga hal: (1) pintar memanah maka dalam sepuluh kali saya tepat semua mengenai sasaran, (2) pandai dalam agama maka sebagaimana kalian lihat sendiri sekarang, (3) untuk masuk surga maka saya berharap untuk mendapatkannya kelak.”

Jika demikian, masihkah kita meragukan kebenaran sabda Rasul saw dan justru mempercayai kabar dusta dari orang-orang kafir. Semoga Allah berikan keberkahan lewat minum air zamzam. Aamiin.