10 Hal Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Membela Palestina

arrisalahnet 10 Hal Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Membela Palestina

Palestina memang jauh di sana. Butuh sekiranya 8-10 jam-an untuk menuju ke sana itupun dengan pesawat terbang. Belum lagi sulitnya birokrasi mengurus surat masuk dengan pemerintah setempat maupun pemerintah penjajah Israel.

Dalam Islam, persaudaraan tidak terikat dengan sekat negara maupun benua. Ukhuwah Islamiyah dibangun atas landasan iman dan islam. Selama mereka beriman kepada Allah dan memasrahkan diri mereka kepada-Nya, mereka adalah saudara kita dan kita wajib membela sepenuh tenaga, harta dan jiwa.

Bila jarak menjadi penghadang dan jauhnya perjalanan membuat kita tidak bisa menyatukan dada dan bertemu rupa secara langsung dengan saudara-saudara di Palestina, setidaknya masih ada cara untuk mendekat dan memberikan pompa semangat.

Dr. Raghib as-Sirjani, dalam kitabnya Filasthin wajibatul Ummah, berkata bahwa ada sepuluh hal yang bisa dilakukan oleh segenap kaum muslimin hari ini untuk membela negeri suci Palestina. Kesepuluh hal tersebuh adalah;

 

1.Menyerahkan Diri Secara Total Kepada Allah Ta’ala

Tidak akan terwujud sebuah kemenangan tanpa pertolongan dari Allah. Oleh itu, pertama yang harus dilakukan kaum muslimin adalah tunduk dan patuh kepada Allah semata. Menekuni segenap perintah dan ketaatan serta meninggalkan segala larangan.

 

2.Memahami Persoalan Palestina Dengan Benar dan Dari Sumber yang Benar

Banyak sekali pandangan dan teori-teori yang mengatakan tentang sebab-musabab terjadinya masalah bangsa palestina. Sebagai seorang muslim kita harus mendengar dan memahami persoalan ini dengan benar dan merunut penjelasan al-Quran dan hadits serta bimbingan para Ulama.

 

3.Bergerak Aktif Membela Urusan Palestina

Tidak akan bermanfaat apa yang kita pahami kecuali direalisasikan. Maka bentuk nyatanya adalah membela Palestina dengan kapabilitas masing-masing individu muslim. Jika ia aktif di media, ia harus aktif menyuarakan tentang kezhaliman yang dialami bangsa palestina. Jika ia seorang pemimpin Negara, bagaimana menyuarakan pendapat dan menentang kezhaliman yang sangat luar biasa ini, dan seterusnya.

 

4.Bersatu dan Meninggalkan Perpecahan

Salah satu kepintaran para musuh islam adalah memecah belah kaum muslimin dengan perkara yang remeh-temeh. Dengan bersatunya kaum muslimin dan mengesampingkan perbedaan, maka kemenangan Islam akan segera datang.

 

5.Membangkitkan Semangat Jihad Pada Diri Sendiri dan Umat

Keadaan dimana tidak memungkinkan seluruh kaum muslimin pergi berjihad ke tanah Palestina. Akan tetapi kewajiban untuk memiliki tekad berjihad harus selalu terpupuk dalam diri dan umat demi untuk membela kehormatan agama.

 

6.Jihad Dengan Harta.

Hal yang paling mudah kita perbuat untuk membela Palestina adalah dengan bersedekah dan menggalang donasi. Bisa melalui lembaga-lembaga kemanusiaan dan lembaga sosial lainnya.

 

7.Memboikot Produk Zionis dan Para Pendukungnya

Banyak yang tidak sadar, dengan membeli sebuah produk buatan zionis Israel, ia telah menembakkan satu peluru terhadap saudara di Palestina. Karena mereka para Zionis mendapatkan uang untuk membeli senjata tak lain dari laba dan penjualan produk-produk yang mereka kelola beserta para anteknya. Stop membeli produk Zionis mulai sekarang!

 

9.Memupuk Harapan dan Asa Untuk Menang

Banyak yang sudah merasa kalah dengan pertarungan antara kezhaliaman dan kebenaran yang ada di Palestina. Sehingga mereka acuh dan berpikir untuk menyerah. Mereka pesimis bahwa kemenangan yang nyata dari Allah itu akan benar-benar datang meski darah bercucuran. Yakin akan janji kemenangan dari Allah adalah kunci dari menang itu sendiri.

 

9.Menguatkan Kesabaran

Tidak ada yang mampu menyaingi indahnya kesabaran. Andaikata kaum muslimin berhenti bersabar atas segala penderitaan, usai sudah perjuangan. Padahal bisa jadi kemenangan tinggal di depan mata.

 

10.Mempelajari Sejarah Palestina dengan Benar

Banyak sekali referensi yang memutar-balikkan fakta tentang Palestina. Sebagai seorang muslim memiliki kewajiban untuk mengambil ilmu dari sumber yang benar, agar tidak terjatuh kedalam lubang syubhat dan terhindar dari kedustaan.

 

Setidaknya sepuluh hal ini yang disampaikan oleh Dr. Raghib as-Sirjani sebagai kewajiban kaum muslimin untuk membela Palestina. Dengan demikian, jarak tak lagi menjadi alasan, harta tak lagi membebani bila memang tidak memiliki, karena masih ada sembilan cara yang bisa kita lewati sebagai bukti iman dan bukti keberpihakan.

Andai saja tiap-tiap kaum muslimin bersatu-padu merealisasikan kesepuluhnya, bukan tidak mungkin derita Palestina akan segera sirna dan masjid al-Aqsha akan kembali ke pangkuan Islam. Sebagaimana yang telah dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya.

 

Oleh: Nurdin/Terkini

 

Baca Juga: 

%d bloggers like this: