Tim Medis MER-C Akan Berangkat ke Haiti

Tim Medis MER-C Akan Berangkat ke Haiti

Gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Haiti dan telah mengakibatkan ribuan korban jiwa dan luka-luka, ikut membuat tim medis asal Indonesia MER-C siap-siap berangkat ke lokasi.

bulan sabit merah

MER-C,  organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis,  bertolak menuju pusat gempa,  16 km dari ibukota Haiti, Port-au-Prince dengan kedalaman 10 km itu.

Organisasi kesehatan yang berpengalaman memberikan pelayanan medis untuk korban perang dan kekerasan akibat konflik, kerusuhan, dan bencana alam ini, akan menuju ke lokasi gempa yang dampaknya juga dirasakan di Teluk Guantanamo, Kuba, Kingston, Jamaika, Caracas, Venezuela,   Santo Domingo, dan Republik Dominika ini.

Sejumlah relawan medis, di antaranya tim bedah, sudah menyatakan diri siap diberangkatkan ke wilayah yang terletak di Kepulauan Karibia tersebut. Namun, kendala perizinan karena tidaknya adanya KBRI di Haiti, serta besarnya dana operasional awal yang dibutuhkan untuk keberangkatan tim, membuat hingga saat ini Tim Bedah MER-C belum kunjung berangkat.

Hingga saat ini, pihak MER-C telah melakukan hubungan komunikasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Kedutaan Kuba di Jakarta dan hubungan dengan KBRI di Havana Kuba.

Rencananya, relawan MER-C yang siap berangkat terdiri dari 7 orang, yaitu:

1.    dr. Joserizal Jurnalis, SpOT. (Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi)

2.    dr. Yogi Prabowo, SpOT. (Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi)

3.    dr. Ahmad Kurnia, SpB.Onk (Spesialis Bedah Onkologi, Rekonstruksi)

4.    dr. Dedi Atila, SpAn (Spesialis Anastesi)

5.    Ita Muswita (perawat bedah)

6.    Rita Elseria (perawat bedah)

7.    Lina Puspitasari (perawat bedah)

Rencananya rute penerbangan yang akan dilalui Tim adalah Jakarta – Singapura – Paris – Havana (Kuba). Dengan jumlah relawan 7 orang dan pilihan rute tersebut di atas, maka dana operasional awal yang dibutuhkan untuk keberangkatan Tim diperkirakan minimal sebesar Rp 250 juta.

Dalam rilisnya yang dikirim ke redaksi, MER-C meminta dukungan masyarakat.

Sumber: www.hidayatullah.com

%d bloggers like this: