3 Tips Islami Cegah Stres

35

Bekerja selama sepekan suntuk bagi karyawan atau sekolah satu pekan penuh bagi pelajar sangatlah menjenuhkan dan membosankan apabila tidak dibarengi dengan refreshing atau hiburan-hiburan lainnya. Apalagi ketika tugas menumpuk dan harus segera diselesaikan dalam tempo singkat, bisa jadi kita kelabakan, semrawutan dan yang parah adalah kita jadi stress.

Baca Juga: Senyumlah Selagi Mudah Melakukannya

Pekerjaan A belum selesai kita sudah dipatok dengan targer dan pekerjaan lainnya, kalau ndak mampu bisa-bisa otak kita yang menyerah dan akhirnya stress. Oleh karena itu Dr. Jamal Madhi Abul ‘Azzam, salah seorang ahli psikologi muslim pernah membuat penelitian bagaimana hidup dengan penuh kesibukan tapi tidak membuat stress. Tipsnya adalah sebagai berikut,

   1.Bangun Pagi

Bangun pagi bagi kebanyakan orang adalah monster yang rumit untuk dilawan, tapi bagi seorang muslim adalah kebaikan. Bila ada dari kita yang masih memiliki kebiasaan shalat subuh kesiangan bisa jadi itulah sebab kita stress. Dengan bangun lebih pagi kita bisa melaksanakan shalat tahajud, kemudian shalat fajar dan kemudian pergi ke masjid untuk menjalankan shalat subuh, sehabis subuh jangan sampai molor lagi, selimut harus sudah terlipat rapi dan sediakan mushaf untuk dibaca dan kemudian lakukan kegiatan islami lainnya atau berolahraga.

   2.Pergi Lebih Awal

Saat pergi ke tempat beraktifitas, misal ke kantor bagi pekerja, atau ke sekolahan bagi pelajar, cobalah datang lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Misal datanglah 15 menit sebelumnya, hal ini akan menghidarkan kita dari tergesa-gesa dan membuat lebih tenang. Dengan ketenangan, maka insyaallah kita dapat berpikir lebih jernih dan tidak dipengaruhi bayang-bayang negatif. Pada siangnya usahakan sedikit beristirahat yaitu pada saat kumandang adzan duhur, untuk sekedar melepas lelah beberapa menit.

   3.Bersikap Islami

Dalam melakukan apapun, selalu utamakan akhlak islami, lakukan pekerjaan dengan menjunjung tinggi akhlak karimah yang telah diajarkan oleh Nabi SAW. Jauhilah perilaku dosa dan maksiat yang hanya akan mendatangkan kegelisahan hati. Di dalam Al-Musnad disebutkan, “Sesungguhnya seornag hamba akan terhalang rezekinya akibat dosa yang dilakukan.” Semakin Jauh kita mengendalikan diri dari berbuat dosa dan maksiat, maka hati kita menjadi semakin tenang dan jauh dari peluang stress.

Baca Juga: Mengapa Hari Senin Tidak Disuka?

Demikian 3 hal penting yang menghindarkan kita dari stress, coba kita amalkan satu demi satu, yakini dalam hati dan hindari sejauh mungkin penyebabnya, inysaallah hati akan menjadi tenang dan bernutrisi dan stress tidak akan ada lagi.