Perbedaan Antara Khutbah Jumat dan Khutbah Ied

22

Pertanyaan:
Assalamualaikum warahmatullah, Ustadz, sekilas khutbah dalam shalat jumat dan shalat ied (Iedul fitri dan Iedul Adha) sama. Adakah perbedaan antara kedua khutbah tersebut?

 

Jawaban:
Waalaikumussalam, keduanya merupakan khutbah yang disampaikan seorang khatib kepada para jamaah. namun ada beberapa perbedaan mendasar tentang tata cara pelaksanaan antara kedua khutbah tersebut. Antara lain berikut ini:

Pertama, Khutbah ied dilakukan setelah melaksanakan shalat sebagaimana hadits Abu Said yang menuturkan, “Bahwasanya Nabi tatkala keluar di hari iedul adha dan iedul fitri dan menuju tempat shalat, pertama kali beliau melakukan shalat, usai shalat lalu berdiri menghadap jamaah dan jamaah dalam barisannya masing-masing. lalu Rasulullah memberikan wasiat dan nasihat kepada mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kedua, khutbah ied tidak diatas mimbar dan tidak mengeluarkan mimbar dari masjid, serta adzan dan iqamat. Ibnu Qayim menuturkan, “Tidak ada mimbar dalam khutbah ied yang akan meninggikan posisi khatib dan tidak pula mengeluarkan mimbar madinah, hanyasanya beliau berdiri di atas tanah. Sebagaimana perkataan Jabir, ‘Aku saksikan langsung shalat beliau shalallahu alaihi wasallam di hari ied, beliau mulai dengan shalat sebelum khutbah tanpa adzan atau iqamah lalu berdiri tegak menghadap bilal.” (HR. Mutafaqun alaih).

Dapatkan Kumpulan Materi Khutbah DI SINI

Ketiga, disunahkan memperbanyak takbir disela khutbah ied. Imam Malik berkata dalamal-Ausath, “temasuk dari sunnah hendaknya seorang khatib iedul adha dan iedul fitri memperbanyak takbir di dalamnya.” Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmu Fatawa mengatakan, “Dan takbir itu disyariatkan dalam khutbah ied lebih banyak daripada khutbah Jumat.”

Keempat, Menurut Dr. Suud bin Ibrahim bin Muhammad Suraim dalam Asy-Syamil fi fiqhi khatib wa khutbah, tidak ada duduk sebelum khutbah ied dilaksanakan, sebagaimana pendapat Asy-Syaukani karena duduk sebelum khutbah itu untuk adzan (sebagaimana dalam khutbah jumat).

Demikian pula bahwa hadits-hadits yang menjelaskan tentang shalat iedain; Iedul Fitri dan Iedul Adha tidak menunjukkan bahwa Nabi duduk sebelum khutbah.

Demikian beberapa hal mendasar yang membedakan tata cara pelaksanaan antara khutbah jumat dan khutbah di hari ied. Semoga bermanfaat.

Oleh: Redaksi/Majalah ar-risalah