Download Booklet Pdf: Panduan Praktis Ibadah Udhiyah

238

Imam an-Nawawi berkata, ”Udhiyah yang berarti penamaan untuk hewan yang disembelih di hari nahar, memiliki empat bentuk bahasa; pertama udhiyah, kedua idhiyah dengan bentuk pluralnya adhaahi, ketiga dhahiyyah dengan bentuk pluralnya dhahaayaa, dan keempat adhaahatun dengan bentuk pluralnya adhi. Maka oleh karenanya dinamakan Yaumul Adha”.

Yaitu sesuatu yang disembelih pada hari-hari nahr, yang disebabkan hari raya sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah.

Yaitu kambing yang disembelih pada waktu dhuha di hari Iedul Adha sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah.

Para ulama telah berselisih pendapat tentang hukum udhhiyah, apakah hukumnya wajib ataukah sunnah? Kebanyakan ulama seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, Suwaid bin Ghoflah, Said bin Musayyib, Al Qomah, Al Aswad, Atho’, Ishaq, Abu Tsaur, Ibnu Mundzir, Al Ghozali berpendapat hukum udhhiyyah adalah sunnah muakkadah.

Sebagian ulama lain seperti Rabi’ah, Malik, ats-Tsauri, al-Auza’i, al-Laits, dan Abu Hanifah berpendapat hukum udhiyyah adalah wajib. Lalu mana yang lebih rajih?

Related Posts
Download juga: Khutbah Iedul Adha: Taat Saat Ringan dan Berat

Bagaimana tata-cara pelaksanaan kurban? kapan waktunya, berapa jumlah dan minimal umurnya? Kepada siapa dagingya nanti diberikan?

Pertanyaan yang sering kita dengarkan dari masyarakat umum saat menjelang hari raya kurban.

Apakah anda juga termasuk yang menanyakan seputar hal-hal tersebut?

Temukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seputar kurban secara lengkap namun ringkas dalam booklet ini.

 

Download Ebook Pdf nya di sini: Panduan Praktis Ibadah Udhiyah