4 Impian Orang Shalih Saat Meninggal

312

Kelak mereka orang-orang shalih saat sudah meninggal, mereka mempunya beberapa angan-angan yang berharap semoga segera tercapai. Sebelumnya, mereka adalah orang-orang yang selamat dari siksa neraka yang kekal. Dan mereka bertingkat-tingkat sesuai dengan derajat yang mereka peroleh.

Adapun diantara angan dan harapan mereka adalah,

 

1.Setelah meninggal dunia, ia ingin segera diantar ke liang kubur.

Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri, Rasulullah bersabda, “Apabila jenazah telah siap, kemudian dipikul oleh kaum laki-laki di atas punggungnya, apabila ia jasad yang shalih akan berkata, “dahulukan aku, dahulukan aku.” Dan apabila tidak shalih, dia berkata, “Celaka, kemana mereka hendak pergi? Suara itu didengar oleh siapapun kecuali manusia, dan seandainya saja mereka dapat melihat, pasti akan goncang.” (HR. al-Bukhari dan an-Nasa’i).

 

2.Dia berharap tidak akan kembali lagi ke dunia dan berharap kiamat segera tiba

Sebab mereka melihat derajat yang begitu mulia di surga. Mereka ingin segera memasukinya. Sebagaimana diceritakan oleh Rasulullah, “saat seorang mukmin ditanya oleh dua malaikat di dalam kubur, “…tiba-tiba terdengar suara yang memanggil dari langit, hamba-Ku benar, maka persilahkan ia menempati tempat tidurnya di jannah, pakaikanlah pakaian jannah, bukakanlah baginya pintu menuju jannah. Kemudian arwahnya datang beserta bau harum, kuburnya di luaskan sejauh mata memandang, lalu datanglah seorang laki-laki berwajah tampan, berpakaian bagus dan harum, dia berkata, “Saya datang memberi kabar gembira untukmu, ini adalah harimu yang telah dijanjikan. Orang shalih itu berkata, “Siapakah kamu? Laki-laki itu manjawab, “saya adalah amal shalihmu.” Dia berkata:” Ya Rabbku bangkitkanlah hari kiamat, ya Rabbku bangkitkanlah hari kiamat, sehingga saya dapat kembali menemui keluarga dan hartaku.” (HR. Abu Dawud, al-Hakim dan Ibn Khuzaimah)

Sedangkan orang kafir dan munafik akan berkata, “Wahai Rabbku, jangan engkau bangkitkan hari kiamat, jangan engaku bangkitkan hari kiamat.” karena mereka tahu apa yang akan terjadi setelah alam kubur itu.

 

3.Orang shalih punya keinginan untuk menemui keluarganya agar bisa memberi kabar gembira bahwa dia selamat dari neraka.

Apabila seorang mukmin meninggal dan melihat apa yang dijanjikan kepadanya serta selamat dari api neraka, ia berkata: “Biarkan aku (kembali), agar saya memberi kabar gembira kepada keluargaku.” Maka  dikatakan kepadanya: “Tetaplah tinggal.” (HR. Ahmad)

dan Allah berfirman,

“Dikatakan (kepadanya): “Masuklah ke jannah.” Ia berkata, “Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui, apa yang menyebabkan Rabbku memberikan ampunan kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang-orang yang dimuliakan.” (QS. Yasin: 26-27).

 

4.Angan-angan orang syahid

Meski telah mencapai kedudukan yang tinggi, namun masih ada yang mereka inginkan. Yaitu seandainya saja bisa kembali ke dunia untuk berjihad memerangi musuh-musuh Allah. Dia ingin berperang dan terbunuh hingga sepuluh kali, sebab dia melihat karomah yang sangat besar.

Nabi bersabda, “Tiada seorangpun yang masuk jannah kemudian ingin kembali lagi ke dunia, tidak ada satu permintaanpun di bumi kecuali mati syahid, dia ingin kembali ke dunia kemudian terbunuh hingga sepuluh kali, karena dia melihat banyak karomah.” (Muttafaq ‘alaih)

 

Demikian angan-angan orang shalih yang senantiasa bertaqwa dan mengerjakan kebajikan. Angan-angan tersebut hanyalah sebuah harapan, karena pada hakikatnya mereka sudah mendapatkan kenikmatan yang jauh lebih indah dan nikmat yaitu jannah.